PotretDunia.Com

Pusat Berita Online Terbaik dan Terpopuler

Apa Yang Menyebabkan Rasa Ngantuk Setelah Olahraga

Apa Yang Menyebabkan Rasa Ngantuk Setelah OlahragaApa Yang Menyebabkan Rasa Ngantuk Setelah Olahraga

Potret Dunia – Apa Yang Menyebabkan Rasa Ngantuk Setelah Olahraga – Olahraga memiliki yang nama nya segudang manfaat, dan bila di lakukan dengan cara yang benar maka akan dapat membuat tubuh terasa lebih segar dan juga bugar setelah nya. akan tetapi, beberapa orang justru mengeluhkan rasa ngantuk setelah melakukan olahraga. apakah ini merupakan hal yang normal? apa yang menjadi penyebab nya?

Di lansir dari laman Livestrong, ada terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang menjadi ngantuk setelah melakukan olahraga, di antara nya : jarang melakukan olahraga dan baru mulai melakukan olahraga secara rutin. tubuh akan mulai beradaptasi dan juga merespon sebagai rasa lelah yang menyebabkan rasa mengantuk beberapa jam kemudian setelah melakukan olahraga. kadar gula darah di dalam tubuh terlalu rendah. tubuh kekurangan cairan atau pun dehidrasi.

Intensitas latihan terlalu berat yang belum pernah di lakukan sebelum nya. olahraga secara berlebihan, atau yang biasa di sebut dengan overtraining, akan membuat tubuh mudah lelah yang pada akhir nya menyebabkan rasa ngantuk. berdasarkan dari dr. Pauline Powers, seorang psikiater asal Amerika Serikat dalam buku nya Exercise Balance, bahwa olahraga terlalu berlebihan bisa meningkatkan resiko cedera, pengeroposan tulang, hingga menyebabkan beberapa orang menderita pada gangguan makan.

Jika kamu telah melakukan olahraga rutin dalam waktu yang cukup lama tapi masih merasa lelah dan juga mengantuk, bisa jadi kamu mengalami beberapa masalah pada kesehatan. mungkin kamu memiliki resiko anemia, masalah hormon, dan juga masalah pada sistem metabolisme yang membuat kita sering merasa lelah dan mengantuk.

BACA JUGA : Beberapa Rahasia Tetap Sehat dan Bugar Walau Sudah Berumur

Selain dari itu, coba di cek lagi berapa jam kamu tidur setiap malam. pasal nya, dari kurang tidur juga bisa menjadi penyebab hal ini. The National Sleep Foundation merekomendasikan untuk tidur selama 7 – 9 jam untuk orang dewasa, agar dapat mencegah kamu merasa lelah dan ngantuk setelah melakukan olahraga.

Untuk mengatasi hal ini, ada baik nya melakukan olahraga secara rutin. sebab rasa lelah yang pada akhir nya bisa menyebabkan kantuk akan memudar jika tubuh telah berhasil menyesuaikan diri dan terbiasa dengan latihan olahraga. seiring dengan berjalan nya waktu, olahraga dapat meningkatkan energi seseorang, bukan malah mengurangi nya.

Pada sebuah penelitian dari The University of Georgia Research Magazine mengatakan bahwa olahraga yang di lakukan secara teratur bisa menambah energi secara signifikan dalam melawan kelelahan. bahkan, orang yang menderita masalah kesehatan bisa mengalami peningkatan energi ketika berolahraga secara teratur.

Di samping itu, perhatikan juga untuk selalu mengisi energi tubuh sebelum memulai sesi olahraga dengan makanan pra – latihan dan juga konsumsi cukup cairan. tujuan nya untuk menstabilkan kadar gula darah sehingga mencegah tubuh mengalami kelelahan. makanlah makanan dengan kandungan karbohidrat dan protein yang cukup, serta rendah lemak, kurang lebih 3 jam sebelum berolahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PotretDunia.Com © 2017 Frontier Theme