PotretDunia.Com

Pusat Berita Online Terbaik dan Terpopuler

Beberapa Fakta Mengenai Kalori Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Beberapa Fakta Mengenai Kalori Yang Mungkin Tidak Anda KetahuiBeberapa Fakta Mengenai Kalori Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Potret Dunia – Beberapa Fakta Mengenai Kalori Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui – Kalori sering kali di cap buruk oleh masyarakat. padahal, tubuh manusia membutuhkan kalori untuk bertahan hidup. tanpa ada nya kalori, kita tidak akan memiliki energi untuk melakukan aktivitas. lambat laun semua organ vital tubuh juga akan gagal berfungsi. selain dari memegang peranan penting untuk keberlangsungan hidup manusia, berikut ini sejumlah fakta menarik seputar kalori makanan dan juga tubuh manusia yang mungkin belum kamu ketahui.

• Kalori makanan dari tiap sumber zat gizi berbeda nilai nya
Ada terdapat tiga sumber zat gizi utama yang di perlukan dalam jumlah besar oleh tubuh agar dapat menghasilkan kalori yaitu karbohidrat, protein dan juga lemak. masing – masing sumber gizi ini pada kenyataan nya memiliki kandungan kalori yang berbeda pada setiap gram nya. satu gram lemak memiliki kandungan 9 kalori. satu gram karbohidrat dan juga satu gram protein memiliki kandungan 4 kalori. lemak memiliki kandungan lebih banyak kalori di bandingkan dengan zat gizi lain nya. itu kenapa, asupan lemak yang berlebihan akan lebih mudah menumpuk kalori di dalam tubuh.

BACA JUGA : Beberapa Santapan Dengan Protein Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

• Tubuh tetap membakar kalori meski kita diam
Kita sering menganggap bahwa tubuh hanya bisa membakar kelebihan kalori nya dengan cara melakukan rolahraga. akan tetapi, di saat kita tidak bergerak pun, seperti misal nya di saat duduk bengong dan juga selama tidur malam, tubuh tetap bekerja dalam membakar kalori. pasal nya, tubuh tetap membutuhkan energi untuk melakukan berbagai macam aktivitas vital seperti bernapas, jantung berdenyut, mengalirkan darah, memproduksi sinyal listrik untuk menghubungkan setiap saraf di dalam tubuh dan juga segala proses dalam tubuh lain nya yang tidak perlu di gerakkan secara sadar. jumlah kalori yang di bakar otomatis ini di sebut dengan BMR (Basal Metabolic Rate). Jumlah kalori yang di bakar lewat BMR pun bisa berbeda untuk setiap orang, tergantung dari umur, berat badan, jenis kelamin dan juga komposisi tubuh. jadi meskipun sedang berdiam diri, tubuh pasti nya tidak akan berhenti melakukan aktivitas untuk menjaga keberlangsungan hidup kita.

• Makanan ringan ternyata tidak benar – benar ringan kalori nya
Kalori makanan ringan bisa melebihi kalori makanan utama jika tidak jelih dalam membaca informasi gizi yang tertera pada label nya atau pun mengonsumsi nya terlalu banyak. pada umum nya porsi makan snack sekitar 200 kalori atau 10 – 15% dari kebutuhan kalori sehari. tanpa di sadari, karena bentuk nya kecil, rasa nya membuat ketagihan dan terkadang orang tidak menyadari bahwa snack yang di makan sudah melampaui batas yang di butuhkan. makanan ringan bisa dalam bentuk apa saja, seperti kue dalam kemasan atau pun kue – kue tradisional yang banyak kita temukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PotretDunia.Com © 2017 Frontier Theme