PotretDunia.Com

Pusat Berita Online Terbaik dan Terpopuler

Beberapa Khasiat Takjub Dari Cengkeh Bagi Kesehatan

Beberapa Khasiat Takjub Dari Cengkeh Bagi KesehatanBeberapa Khasiat Takjub Dari Cengkeh Bagi Kesehatan

Potret Dunia – Beberapa Khasiat Takjub Dari Cengkeh Bagi Kesehatan – Cengkeh merupakan rempah serba guna dengan rasa manis dan juga aroma harum yang sangat khas. cengkeh pada umum nya di gunakan sebagai bumbu rendaman untuk panggangan, menambah rasa pada minuman hangat, hingga untuk memperkuat aroma kue. akan tetapi, pada kenyataan nya kandungan nutrisi yang ada di dalam cengkeh juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Apa saja manfaat cengkeh yang bisa kita dapatkan? satu sendok teh cengkeh ( 2 gram ) memiliki kandungan energi sebesar 21 kalori, 1 gram karbohidrat dan 1 gram serat. satu sendok teh cengkeh juga mampu memenuhi 30% kebutugan mangan, 4% vitamin K dan 3% vitamin C dari kebutuhan harian tubuh. cengkeh juga memiliki kandungan kalsium, magnesium dan vitamin E, meski jumlah nya sedikit. berbagai vitamin dan juga mineral penting inilah yang mendukung manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh kita. manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh :

• Membunuh bakteri penyebab penyakit
Cengkeh memiliki sifat anti bakteri yang mampu untuk menghentikan infeksi. pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial cengkeh efektif dalam membunuh bakteri E. coli yang dapat menyebabkan kram perut, diare, hingga kelelahan. cengkeh juga membantu dalam menjaga kesehatan mulut dengan cara menghentikan pertumbuhan dua jenis bakteri penyebab plak gigi dan juga penyakit gusi ( gingivitis ). jika tidak ingin mengunyah cengkeh, gunakanlah obat kumur yang memiliki kandungan ekstrak cengkeh untuk mendapatkan manfaat yang satu ini.

BACA JUGA : Para Wanita Harus Pahami Berbagai Penyebab Infeksi Vagina

• Menjaga kesehatan tulang
Pengeroposan tulang dapat meningkatkan resiko mengalami osteoporosis. pada sebuah penelitian melaporkan bahwa senyawa aktif yang ada di dalam cengkeh terbukti bisa membantu menjaga dan juga meningkatkan kepadatan massa tulang. kandungan mangan dalam cengkeh juga bisa membantu proses pembentukan tulang dan sangat penting bagi kesehatan tulang.

• Mengendalikan kadar gula darah
Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang di temukan dalam cengkeh dapat membantu mengendalikan gula darah. dari penelitian lain mengamati efek ekstrak cengkeh dan juga nigericin, senyawa yang di temukan di cengkeh, baik pada sel otot manusia mau pun pada tikus dengan diabetes.

Cengkeh dan nigericin di temukan untuk meningkatkan penyerapan gula dari darah ke sel, meningkatkan sekresi insulin dan juga meningkatkan fungsi sel – sel yang menghasilkan insulin. insulin merupakan hormon yang bertanggungjawab untuk memindahkan gula dari darah ke sel. dalam kombinasi dengan diet seimbang, manfaat cengkeh bisa membantu menjaga kadar gula darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PotretDunia.Com © 2017 Frontier Theme