PotretDunia.Com

Pusat Berita Online Terbaik dan Terpopuler

Mengapa Perlu Melakukan Pendinginan Usai Berolahraga

Mengapa Perlu Melakukan Pendinginan Usai BerolahragaMengapa Perlu Melakukan Pendinginan Usai Berolahraga

Potret Dunia – Mengapa Perlu Melakukan Pendinginan Usai Berolahraga – Melakukan pendinginan setelah usai berolahraga merupakan hal yang sangat di anjurkan oleh para ahli kesehatan. pendinginan berguna untuk mencegah resiko cedera pada otot – otot tubuh. akan tetapi, tidak hanya itu. berdasarkan dari Amerian Council on Exercise, bahwa pendinginan atau pun meregangkan tubuh sehabis berolahraga juga bisa membantu untuk mengatasi rasa nyeri yang muncul sesudah nya.

Di saat berolahraga, otot tubuh akan merasa hangat akibat dari gerakan dan juga kecepatan. untuk fungsi dari pendinginan ini adalah meningkatkan rentang gerak otot supaya tidak robek dan terluka dalam kondisi yang hangat. dengan rutin dalam melakukan pendinginan setelah usai berolahraga, kita juga bisa mengurangi rasa nyeri pada otot yang biasa nya muncul 1 atau pun 2 hari setelah usai berolahraga. berikut ini merupakan beberapa manfaat dari pendinginan setelah usai berolahraga :

• Membantu mengurangi kelelahan otot
Di saat berolahraga, asam laktat terbentuk di otot, tidak jarang asam laktat ini sering kai menyebabkan rasa nyeri pada otot dan juga kelelahan. dengan melakukan pendinginan, otot akan melakukan persiapan penurunan suhu menuju aktivitas biasa dan rasa nyeri nya bisa pulih lebih cepat.

BACA JUGA : Atasi Rambut Kering dan Patah Tanpa Harus Memotongnya

• Melatih fleksibilitas otot
Manfaat lain yang bisa di dapatkan dari pendinginan adalah untuk melatih dan juga meningkatkan fleksibilitas otot tubuh. otot yang lentur dan juga fleksibel penting di latih jika kita rutin berolahraga. hal ini juga memiliki pengaruh seiring dengan bertambah nya usia tubuh. semakin tua usia, otot dan juga persendian pada tubuh akan menjadi semakin kaku dan tidak fleksibel. sehingga rutinitas seperti pendinginan atau pun melakukan pijat sehabis berolahraga sangat di butuhkan guna untuk mengurangi kekakuan pada otot.

• Mencegah stress badan dan pikiran
Bukan hanya tubuh dan otot – otot nya saja yang di untungkan, pikiran juga bisa mendapatkan manfaat tertentu dari pendinginan. apa bila kita meregangkan tubuh sambil mengatur napas dengan baik setelah usai berolahraga, berarti kita sedang menyatukan tubuh, perasaan dan juga pikiran menjadi satu. kemudian, setiap hela napas yang di keluarkan saat melakukan pendinginan, tubuh ikut meregang sembari mengatasi rasa sakit dan juga nyeri yang ada di badan. kesatuan antara pikiran dan tubuh ini di nyatakan penting untuk relaksasi dan juga menghilangkan stress. selain dari itu, saraf di dalam otak dan sekujur tubuh juga akan terasa lebih tenang jika kita rutin dalam melakukan peregangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PotretDunia.Com © 2017 Frontier Theme